Selasa, 19 Juni 2012

Pengumuman Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2012




Sesuai dengan pilar ke tiga Pola Pengembangan Kemahasiswaan (POLBANGMAWA) Universitas Malikussaleh, yang bertujuan mendekatkan mahasiswa pada dunia kerja serta dalam rangka menumbuhkembangkan jiwa dan meningkatkan aktivitas Kewirausahaan, Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) bekerjasama dengan Universitas Malikussaleh meluncurkan PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA 2012 untuk menjembatani mahasiswa memasuki dunia bisnis riil melalui fasilitas “start up business”.

Persyaratan Peserta :

  1. Mahasiswa aktif S1 yang telah menyelesaikan kuliah 4 semester atau minimal telah menempuh 80 SKS dan mahasiswa program diploma 3 yang telah menyelesaikan kuliah 3 semester atau minimal telah menempuh 60 SKS. (dibuktikan dengan menyerahkan foto copy Transkrip Nilai).

  2. Mempunyai minat, bakat dan atau pengalaman berwirausaha

  3. Belum pernah memperoleh bantuan modal PMW yang didanai Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti baik individu maupun kelompok. Baik selaku ketua maupun anggota kelompok.

  4. Untuk proposal kelompok, anggota kelompok 3-5 orang, dapat dari satu program studi atau satu fakultas atau lintas fakultas.

  5. Total dana yang dikucurkan pada PMW tahun 2012 adalah Rp. 208.000.000,- ( Dua Ratus Delapan Juta Rupiah). Untuk usaha yang bersifat individu akan mendapat bantuan modal kerja masimum 8 juta/orang, sedangkan untuk kelompok sesuai jumlah anggota kelompok maksimum 40 juta/kelompok, Disesuaikan dengan kebutuhan/jenis usaha serta lokasi usaha.

  6. Denah lokasi usaha harus digambarkan pada proposal usaha,lokasi usaha tidak boleh diubah bila dilakukan perubahan lokasi pada saat monev secara otomatis proposal tersebut dinyatakan Tidak Lulus.

  7. Jenis Usaha yang inovatif dan terbaru akan menjadi prioritas pada PMW 2012

  8. Sanggup mengikuti seluruh agenda kegiatan yang diselenggarakan.

  9. Menandatangani kontak kerja dan menyepakati klausul-klausul di dalamnya, termasuk kesediaan menabungkan dana hasil usaha, untuk digulirkan pada mahasiswa yang lain oleh pengelola agar keberlanjutan program terlaksana.

  10. Seorang mahasiswa hanya dibenarkan masuk dalam satu kelompok pengusul yang disetujui untuk didanai.

  11. Mengingat kompetisi untuk memenangkan dana PMW tahun 2012 ini sangat ketat maka seleksi sangat ditentukan oleh kualitas proposal rencana bisnis yang diajukan dan kemampuan mempresentasikan rencana usaha serta kemungkinan untuk dilaksanakan sesuai batasan dana yang disediakan.

  12. Menyusun Proposal sesuai dengan Panduan PMW 2012 dan Usulan yang dinyatakan didanai akan diumumkan melalui papan pengumuman dan website Unimal http://www.unimal.ac.id



Agenda Program :


  1. Sosialisasi Program

  2. Penyerahan Proposal Usulan

  3. Seleksi Proposal

  4. Pengumuman Proposal yang Diterima

  5. Workshop

  6. Diklat Kewirausahaan

  7. Penyerahan Bisnis Plan

  8. Magang Kewirausahaan

  9. Pencairan Modal Usaha

  10. Pelaksanaan Usaha dan Pendampingan

  11. Monitoring dan Evaluasi

  12. Pelaporan.


Sekretariat Pelaksana :

Program Mahasiswa Wirausaha Universitas Malikussaleh

Bagian Kemahasiswaan Universitas Malikussaleh, Kampus Utama Reuleut

Kecamatan Muara Batu Kabupaten Aceh Utara

Telp. (0645) 41373 – Fax. (0645) 41038 – 44450




Download Jadwal Kegiatan PMW UNIMAL 2012
Download Panduan PMW

0 komentar: